Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tambang Galian C Urug Milik Kasun KrapyakDesa Kutogirang, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto diduga ilegal

| March 17, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-27T16:25:42Z
Mojokerto | Bertempat di Desa Kutogirang, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur terdapat tambang galian C urug sedang beraktivitas. Minggu 17 Maret 2024 

Dilokasi tambang galian Desa Kutogirang, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur terdapat alat berat jenis bego sedang beraktivitas, dan Truk keluar membawa hasil tambang galian C urug. 

Dilokasi tambang galian Desa Kutogirang, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur tidak terdapat papan bor Izin Usaha Pertambangan Khusus Operasi Produksi Khusus untuk Pengangkutan dan Penjualan yang selanjutnya disebut IUP Operasi Produksi Khusus untuk Pengangkutan (izin usaha yang diberikan kepada perusahaan untuk membeli, mengangkut, dan menjual komoditas tambang mineral) 

Dilokasi salah satu pekerja saat dikonfirmasi mengatakan Galian C ini milik Kasun / Polo Dusun Krapyak, Desa Kutogirang, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto. 

Sementara itu Kasun / Polo Dusun Krapyak, Desa Kutogirang, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto belum bisa di konfirmasi. 

Adanya aktivitas tambang galian c urug jalan beraspal Cor juga kotor dan Kumoh, tidak mengindahkan analisis mengenai dampak lingkungan atau (AMDAL). 

LSM Menduga aktivitas tambang galian c ini tidak mengantongi Izin Usaha Pertambangan Khusus Operasi Produksi Khusus untuk Pengangkutan dan Penjualan yang selanjutnya disebut IUP Operasi Produksi Khusus untuk Pengangkutan dan Penjualan adalah izin usaha yang diberikan kepada perusahaan untuk membeli, mengangkut, dan menjual komoditas tambang mineral atau batubara. Hingga berita perdana diangkat.

Lebih lanjut LSM’ minta aparat penegak hukum (APH) baik TNI – Polri maupun Perintahkan Cek lokasi dan Perijinannya

Dasar Hukum :

1. Undang-Undang Dasar 1945;
2. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana;

3. Undang – Undang No. 16 Tahun 2017 Tentang Penetapan Peraturan Pemerinntah Pengganti Undang – Undang Nomor 2 Tahun 2007 Tentang Perubahan Atas Undang – Undang No. 17 Tahun 2013 Tentang Organisasi Kemasyarakatan.

4. UU 3 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas UU 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Minerba adalah Perubahan terhadap Undang-Undang Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

5. Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup RI.

Rilis : Redaksi
Catatan : dilarang mengambil gambar dan nerita tanpa seijin Redaksi bisa di pidana

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update